Manado, (Antarasulut) - Kenaikan honor 40 anggota DPRD Manado, Sulawesi Utara, masuk dalam APBD Perubahan 2017 dan mulai diterima pada September.

"Karena peraturan daerah sebagai turunan dari PP 18/2017 telah ditetapkan dan masuk lembar daerah, maka honor 40 legislator Manado sudah mengalami kenaikan," kata Wakil Ketua DPRD Manado, Richard Sualang di Manado.

Sualang mengatakan, kenaikan honor 40 legislator mulai dari pimpinan yakni ketua, dua wakil sampai anggota di komisi-komisi menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Sebab, menurut dia, meskipun sudah ada aturan mengenai kenaikan tunjangan para wakil rakyat. Namun dalam penghitungan DPRD tetap minta supaya menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

"Jadi penghitungan tetap mengacu pada berapa besar PAD Manado pada tahun anggaran, lalu dibagi menurut ketentuan, sehingga juga tidak membuat biaya pembangunan untuk kepentingan masyarakat akan berkurang," kata Sualang.

Justru, menurut dia, pertimbangan utama yang disampaikan DPRD dalam pembahasan tersebut adalah pembiayaan untuk pelayanan publik barulah hitung-hitungan untuk hak keuangan personel DPRD dilakukan.

Diapun mengatakan, kenaikan tunjangan tersebut menjadi pemacu semangat wakil rakyat bekerja, dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat kota Manado terutama semua aspirasi yang masuk di DPRD Manado. ***3***

(T.KR-JHB/B/S023/S023) 05-09-2017 21:10:34

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024