Manado, (Antarasulut) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan menghadiri shalat Idul Fitri 1438 Hijriah di Masjid Raya Achmad Yani, Manado.

"Shalat Id di masjid raya ini adalah hal yang sangat baik dan istimewa, karena biasanya kan dilaksanakan di lapangan, sehingga ini menjadi hal yang baru," kata Olly, didampingi Wawali Manado Mor Bastiaan,  di halaman Masjid Raya Ahmad Yani, Manado, Minggu pagi.

Ia berharap tahun depan, PHBI menjadwalkan shalat Id di Lapangan Kantor Gubernur Sulawesi Utara, supaya umat Islam Manado juga bisa melaksanakan ibadah di tempat itu.

Olly mengatakan pemerintah memberikan perhatian penuh dan serius dalam urusan kerukunan umat beragama di Sulawesi Utara. Hal itu, tanggung jawab pemerintah agar tetap terpelihara dengan baik.

Dia mengatakan sesuai dengan khutbah yang disampaikan khatib shalat Id, yakni Kakanwil Kemenag Sulut Suleman tentang kerukunan, maka menjadi kewajiban pemerintah untuk selalu menjaga hal tersebut bersama seluruh masyarakat.

Bukan hanya untuk satu agama saja, kata Dondokambey, tetapi semua golongan agama di Indonesia, termasuk Kota Manado, sehingga kerukunan akan selalu terpelihara di "Bumi Nyiur Melambai" itu.

"Pemerintah akan terus bekerja dan mendorong semua elemen untuk saling menjaga kerukunan lewat Forum Komunikasi Antara Umat Beragama (FKUB) dan Badan Koordinasi Antara Umat Beragama (BKAUB)," katanya.

Gubernur juga mengatakan akan terus mendorong melalui kedua organisasi tersebut agar komunikasi antara umat beragama di Sulawesi Utara tetap terjalin dengan baik. ***4***



(T.KR-JHB/B/M029/M029) 25-06-2017 09:33:28

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024