Manado, 14/6 (Antara) - Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro beserta tim survei melaksanakan inspeksi Hidro - Oseanografi pada beberapa tempat di Bitung, Sulawesi Utara, Rabu.

Hadir pada saat tersebut Asops Danlantamal VIII Manado Kolonel Laut (P) A.M. Susanto, Dansatkamla Bitung Mayor Laut (P) Dita Ariyanugroho dan Kadispen Lantamal VIII Mayor Laut (P) Dedy Irawan Eko Cahyono.

Dedy Irawan mengatakan kegiatan inspeksi Hidro - Oseanografi bertujuan untuk memberikan informasi penting dan aktual terkait data Hidro - Oseanografi di Indonesia.

Seperti data survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun umum.

Dishidros sesuai dengan tugasnya berkewajiban menyiapkan dan menyediakan data dan informasi Hidro-oseanografi untuk kepentingan TNI maupun umum.

Dishidros sebagai Lembaga Hidrografi Militer, bertanggung jawab untuk mampu menyediakan data dan informasi Hidro-oseanografi yang akurat dan mutakhir sebagai data dasar yang akan digunakan sebagai bahan analisa strategi pertahanan nasional.

"Sedangkan sebagai Lembaga Hidrografi Nasional Indonesia, Dishidros mempunyai tanggung jawab untuk memberikan jaminan keselamatan navigasi pelayaran di seluruh wilayah perairan yurisdiksi Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Adapun rangkaian kegiatan diantaranya, tatap muka dan pengarahan kepada tim Survei Hidrosal di Ruang Satkamla Bitung dilanjutkan peninjauan lapangan di Dermaga Satkamla Bitung dan tatap muka dengan unsur akademik dari Poltek Perikanan dan Kelautan Bitung. ***2***



(T.J009/B/I006/I006) 14-06-2017 19:14:44

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024