Tondano - Setela sukses menggelar kegiatan skala nasional maupun internasional, kini Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam waktu dekat akan menggelar lomba marathon mengelilingi Danau Tondano berhadiah Rp1 miliar.

Lomba olahraga bertaraf internasional ini digelar dengan maksud mengundang wisatawan mancanegara serta wisatawan lokal untuk melihat keindahan Tanah Toar Lumimuut. Adapun total hadiah untuk lomba tersebut sebesar Rp1 miliar.

Sekkab Minahasa Jeffry R. Korengkeng mengatakan pihaknya terus mempersiapkan kegiatan tersebut dan salah satunya, pembahasan bersama dalam rapat koordinasi semua unsur terkait yang digelar di ruang Sekkab, Kamis (4/5).

Pertemuan yang dipimpin Sekkab Jeffry R. Korengkeng  diikuti para kepala SKPD, Kabag serta Yayasan Kawanua Sedunia dihadiri Ketua Mieke Tumurang serta Frank Malonda yang merupakan Official Marathon Internasional, serta perutusan dari Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam rapat tersebut membahas akan rencana yang bakal dipersiapkan dalam Tondano Lake Marathon diantaranya, rute, peserta yang akan hadir, serta akomodasi yang akan dipakai dalam iven internasional ini.

"Kegiatan akan dilaksanakan dari tanggal 1 sampai 5 Agustus mendatang, dan pesertanya adalah para atlet internasional, serta atlet nasional serta lomba yang akan digelar adalah lari marathon dan ini sudah akan ketiga kali dilakukan," sebutnya.

Guna mensukseskan iven internasional ini, Korengkeng berharap, akan ada kerja sama yang baik dari semua stakeholder.

"Diminta kerja sama dari semua instansi terkait baik SKPD, para camat, hukum tua, maupun Yayasan
Kawanua Se-Dunia untuk menyukseskan kegiatan ini serta masyarakat. Semua keperluan yang nanti akan dibutuhkan, diantaranya lokasi kegiatan, akomodasi, bahkan rute yang akan dilalui, dan kami juga akan meminta Dinas PU dan Penataan Ruang untuk bisa melihat jalan yang akan dilalui para atlit agar dapat diperbaiki. Tentu kita harus ada komitmen bersama untuk menyukseskan kegiatan ini, karena sukses itu tergantung dari kita yang utama adalah kerja sama," tuturnya.

Perlu diketahui, rute yang akan dilalui adalah seputaran Danau Tondano, yang terbagi dalam lima kategori yakni 42, 20, 10, 5 dan 2 kilometer.


Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024