Manado,  (Antarasulut) - Sebanyak 40 legislator dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado, mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh lembaga analisis pemerintahan dalam negeri, di Jakarta.

"Bimtek dilaksanakan untuk penguatan kinerja kepada para wakil rakyat di Manado, dalam melaksanakan tugasnya setiap hari," kata Humas DPRD Manado, Threisye Lohonauman, di Manado.

Threisye mengatakan, dalam Bimtek tersebut mengangkat tema, optimalisasi fungsi dan wewenang DPRD dalam pengelolaan keuangan daerah, serta kedudukan protokoler dan keuangan pimpinan dan anggota DPRD.

Menurut Threisye, hadir sebagai pembicara dalam Bimtek tersebut adalah para pejabat dari lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Kemudian dari Kementerian Keuangan RI.

Hadir sebagai pembicara pertama kata Threisye adalah, Akbar Ali dari Kementerian Dalam Negeri RI, yang membawakan materi tentang pembahasan isu-isu strategis bidang politik dalam negeri.

"Kemudian hadir sebagai pembicara kedua adalah Halilul Khairi, dari Kementerian Keuangan RI, yang mengangkat tema tentang pembahasan tentang kedudukan protokoler dan keuangan pimpinan dan anggota DPRD," katanya.

Lalu ada juga materi tentang pedoman tata cara perhitungan, penganggaran dalam APBD dan tertib administrasi pengajuan penyaluran dan laporan pertanggungjawaban penggunaan keuangan partai politik.

Dia mengatakan, semua materi Bimtek nantinya akan dibawa pulang ke Manado untuk diimplementasikan dalam tugas keseharian para wakil rakyat dalam melayani masyarakat dan mengawasi pemerintah serta menyusun anggaran. ***2***





Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024