Manado, (Antarasulut) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI mendorong Kota Manado untuk memfokuskan perhatian dan pengembangan olahraga berprestasi menonjol.

"Dorongan tersebut disampaikan oleh Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Isnanta, saat Komisi D melakukan konsultasi," kata Sekretaris Komisi D DPRD Manado, Sonny Lela, S.Sos,  di Manado.

Lela mengatakan, semua saran dari Kemenpora akan disampaikan kepada pemerintah kota, termasuk kepada organisasi perangkat daerah (OPD) yang berwenang mengurus masalah tersebut.

Menurut Lela, Isnanta mengatakan agar pemerintah Manado fokus pada olahraga-olahraga yang sudah menghasilkan prestasi dan mengharumkan nama daerah bahkan negara ke kancah internasional seperti pencak silat, tinju, bulu tangkis, karate, dan anggar.

"Dengan demikian, maka pemerintah pusat akan lebih mudah untuk mencari bibit-bibit unggul olahragawan dari tiap daerah termasuk Manado, karena sudah jelas apa prestasi dan kemampuannya," katanya.

Meski begitu, dia mengatakan, bukan berarti mengabaikan olahraga yang lain, sebab juga ikut diperhatikan, namun memberikan perhatian lebih pada olahraga yang memang sudah memiliki prestasi baik.

Bukan hanya itu, menurut Lela, Deputi III juga minta supaya pemerintah daerah mendorong penyediaan fasilitas bagi pengembangan olahraga berprestasi daerah sesuai dengan spesifkikasinya.

Menurut Lela, hal tersebut pun sudah disampaikan secara langsung oleh Deputi III kepada Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, saat melakukan konsultasi ke Kemenpora, dan langsung disambut positif.

Dia mengatakan, selain mendorong agar pengembangan olahraga berprestasi dilakukan pemerintah kota Manado, maka Kemenpora juga akan membantu dalam penyediaan fasilitas termasuk anggaran.

Karena itu menurutnya, maka DPRD Manado mengingatkan agar pemerintah kota memanfaatkan kesempatan dan menjadikan dorongan Kemenpora tersebut sebagai motivasi untuk mengembangkan olahraga berprestasi di Manado.***4***





(T.KR-JHB/B/G004/G004) 09-12-2016 22:01:55

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024