Manado, 28/8 (Antara) - Bandara Internasional Sam Ratulangi (Samrat) Manado menyambut ribuan siswa, peserta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) 26 Agustus hingga 3 September 2016.

"Peserta FLS2N ini berjumlah 5.150 peserta dari tingkat sekolah dasar hingga menengah ke atas," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Samrat Manado Nugroho Jati di Manado, Sabtu.

Dia menjelaskan sebanyak 3.276 siswa yakni tingkat SD, SMP, SMA, SMK, PKLK ditambah pendamping sebanyak 1.874 orang sehingga, total samua 5.150 peserta.

Kegiatan FLS2N tersebut di mulai sejak tanggal 26 Agustus - 3 september 2016, di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Selatan dan kabupaten Minahasa Utara.

"Ribuan peserta festival seni tersebut dijemput langsung oleh duta Bandara Samrat, dan kelihatan semua peserta sangat senang dengan acara penyambutan tersebut," katanya.

Dia memgatakan Festival Lomba Seni Siswa anak tahunan di Indonesia harus dikenalkan sedini mungkin kepada anak-anak sebagai pewaris bangsa, sehingga akan tumbuh karakter cinta terhadap seni bangsanya sendiri.

"Faktor inilah yang akan menciptakan bangsa berbudi luhur dan memiliki budi pekerti dalam tindakan dan pikiran sebagai refleksi dari kepribadiannya, dengan sendirinya seni budaya akan terpelihara dan terjaga kelestariannya," jelas Jati.

Tema FLS2N 2016 yakni menggali bakat seni dan meningkatkan kreativitas serta kemandirian untuk menanamkan kecintaan dalam melestarikan budaya bangsa menuju insan yang berakhlak mulia.

Kementerian Pendidikan Nasional mengharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan ketersediaan layanan pendidikan, memperluas keterjangkauan layanan pendidikan, meningkatkan kualitas/mutu dan relevansi layanan pendidikan.

Mewujudkan kesetaraan dalam memperoleh layanan pendidikan, dan menjamin kepastian memperoleh layanan pendidikan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka meningkatkan kualitas/mutu dan relevansi pendidikan melaksanakan berbagai kegiatan yang sekaligus sebagai upaya dalam pemenuhan hak peserta didik untuk mengaktualisasikan dirinya secara optimal dalam aspek kecerdasan intelektual, spritual, sosial dan kinestetika.***4***
(T.KR-NCY/B/G004/G004) 27-08-2016 15:44:58

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024