Manado, 20/6 (Antara) - Bank Indonesia (BI) menyiapkan dana sebesar Rp20 miliar khusus untuk penukaran uang receh atau kecil baru di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Untuk penukaran uang kecil atau receh yang baru menjelang Lebaran tahun ini, kami siapkan sekitar Rp20 miliar," kata Deputi BI Perwakilan Sulut Yusnang saat membuka pelayanan penukaran uang dengan perbankan Sulut di Kantor Lama BI Pasar 45, Senin.

Dia mengatakan penukaran uang baru ini selain dilakukan oleh BI sendiri, juga melibatkan sejumlah bank yang beraktivitas di Sulut.

"Penukaran uang baru ini, akan berlangsung sejak tanggal 20-30 Juni 2016 di Kantor Lama BI Sulut Pasar 45 Manado mulai pukul 09.00-12.00 WITA," jelas Yusnang.

Kegiatan ini serentak dilakukan di tiga titik yakni Kota Manado, Kota Kotamobagu dan Provinsi Gorontalo.

"Untuk Kota Manado disiapkan dana sebesar Rp10 miliar, Kota Kotamobagu sekitar Rp3 miliar lebih dan Provinsi Gorontalo Rp6 miliar lebih," kata Yusnang.

Kepala Cabang Bank Panin Manado Ardip Mukarta mengatakan pihaknya telah mengirim petugas agar siap melayani penukaran uang kecil di lokasi yang telah disiapkan BI.

"Setiap hari pasti petugasnya diganti untuk melayani masyarakat yang ingin menukar uang baru," jelasnya.

Kepala Cabang BCA Manado Felicia Lily Jaury mengatakan uang kecil yang disiapkan dari pecahan Rp20ribu sampai pecahan paling kecil yakni logam.

"Kami menyiapkan pecahan kecil Rp5 ribu dan Rp10 ribu paling banyak karena banyak ditukar oleh masyarakat," kata Felicia.

Dia mengatakan, jika sudah habis tinggal menghubungi petugas BI dan akan langsung disiapkan.

***3***



(T.KR-NCY/B/E008/E008) 20-06-2016 12:43:54

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024