(LIPUTAN KHUSUS)

Manado, (Antarasulut) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado, Senin, menggelar rapat paripurna istimewa, dalam rangka pelantikan Jonas Makawata sebagai pengganti antar waktu (PAW) Gregorius Tonny Rawung dari PDIP, yang dihadiri wali kota Vicky Lumentut dan Wakilnya Mor Bastiaan.

"Pelantikan Makawata dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Utara  Nomor 155/2016 tanggal 3 Juni 2016 tentang persetujuan untuk hal tersebut," kata Ketua DPRD Manado, Nortje Henny Van Bone, yang didampingi wakil ketua Richard Sualang dan Danny Sondakh, saat memimpin paripurna, di Manado, Senin.

Van Bone mengatakan, pelantikan tersebut sudah memenuhi semua syarat yang ditetapkan oleh undang-undang mulai dari laporan KPU sampai peraturan menteri dalam Negeri.

Menurut Van Bone, Makawata dilantik menggantikan Makawata, karena mengundurkan diri dari keanggotaan dewan di Manado, pada saat maju dalam pelaksanaan Pilkada Manado 2016.

Van Bone berharap agar kiranya, Makawata bisa melaksanaan tugas untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Manado dan memelihara kehidupan berdemokrasi.

Selain itu, Van Bone mengingatkan agar Makawata bisa melaksanakan keharmonisan kerja dengan sesama anggota dewan dan menjadikan tugas keseharian dengan baik.

"Kami pun berharap kiranya kerjasama dan kinerja baik yang telah ditunjukan oleh Tonny Rawung akan diteruskan oleh Makawata, bahkan ditingkatkan," kata Van Bone.

Makawata dalam sumpah dan janjinya, mengatakan akan melakukan semua tugas dan kewajibannya sebagai legislator di DPRD Manado dengan baik.

"Aspirasi dari masuarakat Manado, tentu akan kami perjuangkan, karena itu adalah tugas dan kewajiban saya, sekaligus akan ikut dalam semua tugas-tugas dalam semua fungsi dan bersinergi dengan pemerintah kota Manado," katanya.

Makawata menggantikan Tonny Rawung sebagai anggota DPRD Manado, periode 2014-2019, dari daerah pemilihan Singkil-Mapanget dari partai demokrasi Indonesia perjuangan.

Sedangkan Wali Kota Manado, Vicky Lumentut dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Gregorius Tonny Rawung atas pengabdiannya selama menjadi wakil rakyat, dan berharap dengan kehadiran Makawata sinergitas pemerintah damn DPRD tetap terjalin.

"Semoga kedepannya hubungan kerjasama makin baik, dan terima kasih kepada Tonny Rawung yang sudah melakukan semua tugasnya dengan baik," katanya. ***2***



Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024