Manado, 11/5 (Antara) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melatih industri kecil di Kabupaten Minahasa Selatan mampu membuat arang tempurung melihat potensi di daerah tersebut cukup besar.

"Kami melihat di Kabupaten Minahasa Selatan khususnya di desa Ellusan Kecamatan Amurang Barat memiliki potensi yang cukup besar untuk membuat komoditas arang tempurung karena permintaan dari luar cukup tinggi," kata Kepala Bidang Perindustrian Disperindag Sulut Benny Nongkan di Manado, Rabu.

Dia mengatakan  di kabupaten tersebut memiliki perkebunan kelapa yang cukup besar dan biasanya petani hanya membuang batok kelapa, padahal bisa dijadikan arang tempurung yang  pasarnya sampai luar negeri.

Provinsi Sulut memiliki beragam potensi yang layak didayakan sebagai kekuatan ekonomi regional dan nasional, serta menjadi modal utama dalam kompetensi global.  

Karenanya pemerintah provinsi telah dan terus berupaya untuk menghadirkan pelaku usaha dan investor agar menanamkan usahanya didaerah ini, dengan memberikan dukungan penuh khususnya terhadap para petani kelapa untuk dapat mengembangkan kelapa menjadi produk yang bermutu dan berkualitas sehingga dapat bersaing di pasar internasional.

Pengembangan industri dan perdagangan merupakan bagian dari pembangunan nasional, sehingga setiap langkah dan arah pembangunan industri dan perdagangan harus mampu memberikan sumbangan yang berarti terhadap pembangunan bidang ekonomi maupun sosial politik dan budaya bangsa.

Oleh karenanya pembangunan sektor industri dan perdagangan saat ini bukan hanya harus mampu memberikan kontribusi ekonomi yang besar melalui peningkatan nilai tambah, lapangan kerja dan devisa, tetapi juga dapat memberikan kontribusi yang besar dalam transformasi kultural daerah kearah modernisasi serta menunjang pembentukan daya saing.

Upaya dan pengembangan industri diarahkan agar menjadi pelaku ekonomi yang makin berbasis iptek dan berdaya saing, khususnya dalam menyediakan barang dan jasa kebutuhan masyarakat sehingga mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam perubahan struktural dan memperkuat perekonomian domestik.

Dalam pengembangan industri khususnya pembuatan arang tempurung dilakukan dengan pendekatan kompetensi perkuatan kewirausahaan dan peningkatan produktifitas yang didukung dengan upaya peningkatan adaptasi dan penerapan teknologi untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

Pengembangan industri secara nyata akan berlangsung terintegrasi dalam modernisasi, agrobisnis guna memperkuat basis produksi dan daya saing industri melalui pengembangan rumpun industri, percepatan teknologi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dibidang pengolahan dan pemasaran arang tempurung.

Kondisi industri yang sehat mengandung sebuah pengertian bahwa dalam perkembangan kedepan harus memiliki ciri-ciri semakin memberikan kontribusi yang optimal dalam perkembangan dan pertumbuhan ekonomi daerah serta dapat meningkatkan pendapatan bagi petani.

Dan, katanya, produk arang tempurung yang dihasilkan melalui proses yang baik memenuhi kebutuhan para penggunanya dengan mutu baik.

Pelatihan ini juga untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan yang kuat tentang kebijakan, prospek, pemasaran, teknologi dan proses pembuatan arang tempurung .

"Untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya industri kelapa, pendapatan petani kelapa karena didukung oleh bahan baku yang cukup tersedia di Sulut," jelasnya.

Sasaran yang ingin dicapai pada pelatihan pebuatan arang tempurung ini antara lain meningkatnya nilai tambah bagi petani kelapa dalam memproduksi arang tempurung, tercapainya kegiatan pelatihan pembuatan arang tempurung, termotivasinya peserta untuk mengembangkan kelapa di Sulut serta tersosialisasinya kebijakan, potensi dan pemasangan arang tempurung setiap pemangku kepentingan.***3***


Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024