Manado, (AntaraSulut) - Energi listrik mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan. Banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh apabila dapat menghemat energi listrik yang digunakan, salah satunya menghemat tagihan listrik. 

Tagihan listrik pada umumnya tergantung dari jumlah penggunaan kita sebagai pengguna listrik dalam satu bulan. Apabila tagihan listrik membengkak setiap bulannya, maka salah satu cara yang dapat dilakukan ialah berhemat. Namun apa saja yang mesti dihemat? Berikut ulasannya.

Menyalakan Listrik untuk Hal-Hal yang Diperlukan Saja
Hal yang paling penting dalam menghemat listrik ialah hanya menyalakan listrik apabila diperlukan saja. Sebagai contoh, menyalakan lampu apabila hari sudah mulai gelap, di siang hari bisa memanfaatkan dengan membuka jendela sebagai penerangan, cabut kabel peralatan elektronik apabila sedang tak digunakan sehingga penggunaan listrik tidak mengalir terus.

Menggunakan Lampu Hemat Energi
Apabila ingin menghemat tagihan listrik setiap bulannya, gunakanlah lampu hemat energi. Apabila masih menggunakan lampu bohlam, segera beralih ke lampu hemat energi seperti lampu CFL dan lampu LED. Namun jangan sembarang pilih, pilihlah lampu hemat energi dengan keluaran merek ternama seperti Phillips, Osram dan merk lainnya.

Untuk harga lampu Philips dan juga lampu merek lainnya memang lebih mahal dibandingkan dengan lampu yang tak bermerk, akan tetapi kualitas serta manfaatnya lebih terasa jika menggunakan lampu dengan merk yang terpecaya.. Manfaat lain penggunaan lampu hemat energi yaitu risiko terjadinya korsleting listrik sangat kecil. Untuk itu, usahakanlah semua ruangan rumah Anda menggunakan lampu hemat energi.

Menggunakan lemari es dengan Bijak
Lemari es merupakan salah satu alat elektronik yang memakan daya cukup tinggi. Untuk menghemat tagihan listrik dari lemari es yaitu dengan tidak menggunakan suhu yang paling tinggi, tidak langsung memasukan makanan yang masih panas ke dalam kulkas sebab kulkas akan bekerja lebih keras, rutin membersihkan kondensor, tidak membuka kulkas dalam waktu yang lama serta matikan kulkas apabila tidak dipergunakan dalam jangka waktu yang lama misalnya ketika pergi berlibur, mudik dan lainnya.

Bijak dalam Menggunakan Pompa Air
Bagi yang memakai pompa air listrik, sebaiknya gunakanlah tangki dengan kapasitas yang besar pada umumnya dinamai toreng, sehingga ketika membutuhkan air tidak perlu menghidupkan pompa air listrik. Perlu diketahui, sekali menghidupkan pompa air memerlukan daya listrik yang lumayan cukup besar, kalau tidak menggunakan toreng tentu akan menghidupkan berulang-ulang.

Menggunakan Mesin Cuci dengan Bijak
Penggunaan mesin cuci yang tidak tepat akan menyebabkan tagihan listrik membengkak. Cara yang bisa dilakukan menghemat tagihan listrik dari mesin cuci yaitu gunakan fitur pengering apabila tidak ada panas matahari atau ketika hujan. Kemudian, pilihlah mesin cuci sesuai dengan kapasitas pakaian yang akan dicuci. Selanjutnya, jangan mencuci melebihi kapasitas mesin cuci tersebut, sebab apabila melebihi kapasitas maka mesin cuci akan bekerja lebih keras sehingga akan menambah beban penggunaan listrik.





Pewarta :
Editor : Pemasaran
Copyright © ANTARA 2024