Manado, 7/3 (Antara) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, saat memimpin apel kerja dan rapat evaluasi kinerja bulan Maret, mengajak aparatur sipil negara (ASN) untuk menjabarkan program Trisakti Bung Karno.

"Program Bung Karno ini untuk mewujudkan Sulut yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam pemerintahan dan berpolitik, serta berkepribadian dalam budaya," kata Gubernur Dondokambey di Manado, Senin.

Bagi ASN, kata dia, program ini dapat diwujudkan melalui empat hal yaitu loyalitas, dedikasi, pengorbanan dan prestasi.

Menurut anggota DPR-RI periode 2014-2019, fungsi gubernur dan wakil gubernur dapat berjalan baik dibutuhkan ASN yang memiliki loyalitas tinggi yaitu patuh dan setia pada aturan yang ada, serta berdedikasi mengorbankan tenaga, pikiran dan waktu demi keberhasilan suatu tujuan mulia.

Itu berarti dalam pengabdiannya ASN bekerja untuk mensejahterakan rakyat, bukan sebaliknya hanya memperkaya diri sendiri, tegasnya.

Gubernur menambahkan, kepemimpinannya bersama dengan Wakil Gubernur Steven Kandou terus mendorong prestasi kerja seluruh ASN di daerah ini, sehingga ke depan meraih prestasi yang lebih baik lagi.

Pemerintah provinsi, kata dia, akan memberikan bea siswa bagi ASN yang ingin mengembangkan kapasitas sumber daya aparatur, dengan memberikan bantuan studi lanjut ke Perguruan tinggi ternama di luar maupun dalam negeri bukan hanya bagi dosen, tetapi termasuk ASN.

"Saya beri kesempatan kepada pejabat eselon III memanfaatkan peluang ini. BKD segeralah melakukan seleksi, minimal tiga orang. Tahun ini sudah bisa melanjutkan studi strata tiga ke luar negeri. Paling tidak ke Australia dulu, biar dekat dengan keluarga selanjutnya ke negara lain,� ujarnya.

Dia mengharapkan, ASN yang ingin studi lanjut mengambil tiga jurusan yaitu informasi publik, logistik dan ekonomi keuangan untuk menopang pembangunan daerah ke depan.

"Sumberdaya manusia yang handal harus dipersiapkan sebaik mungkin sebagai modal membangun daerah ke depan," katanya.***2***



(T.K011/B/G004/G004) 07-03-2016 21:52:12

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024