Manado, (Antarasulut) - - Pleno rekapitulasi perhitungan suara pemilihan wali kota, oleh KPUD Manado, pada hari pertama, Rabu, menempatkan pasangan Harley Mangindaan-Jemmy Asiku unggul semntara.

"Kami baru memplenokan lima kecamatan, yakni Wenang, Malalayang, Mapanget, Tikala dan Bunaken, pasangan Mangindaan-Asiku unggul sementara sebanyak 28.378, disusul Vicky Lumentut-Mor Bastiaan dan HannyJoost Pajouw-Tonny Rawung," kata Komisioner KPUD Manado, Eugenius Paransi, usai pleno hari pertama sekitar pukul 23.00 Wita, di Manado.

Paransi mengatakan, berdasarkan hasil hitung sementara pasangan Lumentut-Bastiaan memperoleh 26.725 suara dan Hanny Joost Pajouw-Tonny Rawung mendapatkan 21.617 suara.

Dia mengatakan, memang sejak awal pleno dimulai berbagai interupsi sudah disampaikan oleh para saksi dari masing-masing calon, karena semuanya merasa ada beberapa temuan yang didapatkan selam proses penghitungan suara dan pleno di kecamatan.

"Namun penghitungan masih akan berlanjut, karena masih tersisa enam kecamatan yang belum melakukannya dan sudah ditunda untuk dilanjutkan esok hari," katanya.

Dia mengatakan, nanti hasil penghitungan tersebut akan menentukan siapa yang akan menjadi kepala daerah dan wakilnya pada periode berikut di Kota Manadosesuaikan tahapan lancar tanpa ada gugatan dan lainnya.

Saksi pasangan calon nomor urut satu, Marvil Budiman, mengatakan tetap akan menuntut agar segala bentuk dugaan maupun indikasi kecurangan untuk diproses, sesuai hukum yang berlaku, seperti dugaan adanya pemilih luar yang menggunakan hak konstitusinya di Manado.

Demikian juga pernyataan disampaikan oleh saksi pasangan calon nomor urut empat, Lucky Senduk, yang mengatakan jika memang ada hal-hal yang tidak beres maka harus ada tindak lanjut, termasuk PSU jika ada temuan ketidakberesan. ***2***

(T.KR-JHB/B/G004/G004) 24-02-2016 23:55:25

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024