Manado, 27/1 (Antara) - Komisi I DPRD Sulawesi Utara telah siap untuk melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan bagi calon komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) daerah itu.

"Komisi telah melakukan persiapan untuk pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan tersebut," kata Ketua Komisi I DPRD Sulut Novie Mewengkang di Manado, Rabu.

Novie Mewengkang mengatakan sesuai mekanisme, seleksi dilakukan tim panitia seleksi terhadap para calon komisioner tersebut.

Tim seleksi itu terdiri pemerintah daerah, akademisi dan tokoh masyarakat.

Setelah pelaksanaan seleksi itu, panitia seleksi akan mengajukan sepuluh orang atau calon, ke DPRD.

Nantinya DPRD akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap sepuluh calon yang terjaring itu untuk memilih lima yang terbaik.

"Biasanya yang melakukan uji kelayakan tersebut dari Komisi I," kata Mewengkang.

Menurut Mewengkang, saat ini masih dalam berproses di tim seleksi, dan sesuai jadwal awal Februari hasil dari tim seleksi itu akan diberikan ke DPRD.

"Komisi I telah mengadakan persiapan untuk pelaksanaan uji kepatutan itu, dan sesuai rencana pada awal Februari tersebut juga akan laksanakan tes tersebut," katanya.

Menurut Mewengkang, pelaksanaan uji keptautan tersebut dilakukan secara transparan dan terbuka.

"Media silahkan liput, pelaksanaannya tidak secara sembunyi-sembunyi supaya masyarakat mengetahuinya," kata Mewengkang.***2***



(T.J009/B/M019/M019) 27-01-2016 21:08:01

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024