Manado, (ANTARA Sulut) - Legislator Manado, dari daerah pemilihan Singkil-Mapanget, Fanny Mantali, mendesak pemerintah Manado menyuplai air bersih ke wilayah yang kekurangan air akibat kemarau berkepanjangan.

"Wilayah Mapanget, Malalayang, Bunaken dan Singkil merupakan area yang mengalami kekeringan parah di Manado, jadi butuh penanganan cepat dari pemerintah," kata Mantali, di Manado, Kamis.

Mantali mengatakan, banyak penduduk yang merupakan warga di wilayah Singkil maupun Mapanget menyampaikan keluhan mengenai kesulitan mendapatkan air bersih tersebut.

"Bahkan di wilayah Kombos, ada yang mengaku terpaksa memindahkan aktifitas mandi ke tempat bekerja dan mencuci pakaian ke londry, karena kesulitan mendapatkan air," katanya.

Selain itu menurutnya, akibat kemarau dan kekeringan tersebut, ratusan hektar tanaman pertanian menjadi kering dan gagal panen.

Karena itu, Mantali mendesak agar pemerintah melakukan tindakan dengan menyuplai air bersih ke area tersebut, supaya bisa memenuhi kebutuhan air bersih warga kota.

Dia mengakui memang pemerintah tidak mungkin bisa serta merta menyuplai air bersih, sekaligus ke seluruh lokasi yang mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih, tetapi minimal secara bergantian dapat mengurangi kesulitan warga.

Mantali mengatakan, Pemkot Manado bisa memanfaatkan PDAM untuk mendapatkan air bersih dari PT air, untuk membantu seluruh warga kota yang mengalami krisis air bersih.

Mantali berharap bantuan suplai air bersih dari pemerintah kota dibawah komando wali kota dan wakil wali kota bisa membantu masyarakat yang kesulitan air bersih.***4***



(T.KR-JHB/B/G004/G004) 01-10-2015 21:43:11

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024