Manado, 7/9 (AntaraSulut) - Warga Manado meminta supaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara memperhatikan sejumlah infastruktur jalan di kota itu.

Anggota DPRD Sulawesi Utara (Sulut) dari Daerah Pemilihan Manado Amir Liputo, Senin mengatakan, pada masa reses telah melakukan dialog dengan masyarakat di kota itu.

"Pada pertemuan dan dialog tersebut warga memintakan supaya DPRD dapat memperjuangkan agar pemerintah setempat memberikan perhatian serius pada sejumlah infrastruktur," kata Liputo pada rapat paripurna DPRD Sulut.

Amir Liputo mengatakan, masyarakat mengusulkan Pemprov dapat melakukan perbaikan dan peningkatan jalan secara merata di setiap jalan provinsi di Manado.

Ini penting, kata dia, mengingat Manado merupakan ibukota provinsi Sulut, sudah selayaknya jalan-jalan di kota itu yang belum menjadi jalan provinsi dapat perhatian untuk ditingkatkan menjadi jalan provinsi.

Mengharapkan pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum untuk mengecek hasil pengaspalan jalan yang terkesan tumpang tindih, dan menjadi gundukan jalan yang mengganggu arus lalu lintas.

Dinas PU untuk berkordinasi dengan instansi terkait lainnya, sebab banyak jalan yang baru diaspal, tetapi rusak kembali dengan adanya pelaksanaan penggaliaan di jalan tersebut untuk kepentingan telpon, air dan lain sebagainya.

"Pemprov Sulut juga dapat menata penghijauan dengan membantu Pemkot dalam rangka penanaman pohon, agar tidak merusakan infrastruktur, terutama yang dibangun dari APBD Provinsi Sulut," katanya.

Dia menambahkan, sebab terdapat infrastruktur rusak akibat penanaman pohon yang tidak terkooridinasi antar instansi.

Selain itu, kata Liputo terdapat beberapa aspirasi yang masuk seperti diharapkan Pemprov dapat membangun memperbaiki saluran air terutama di jalan-alan provinsi dan nasional yang berbatasan langsung dengan pantai terutama di Bolevard Dua.

"Di jalan tersebut tidak ada saluran air yang ke laut. Dikuatirkan akan menyebabkan banjir bagi daerah yang dilalui jalan-jalan tersebut," katanya.

Pemprov Sulut juga, segera melakukan pengerukan sungai-sungai yang melintas di Manado untuk mengantisipasi bencana alam banjir yang sering mengancam penduduk kota itu sebagai mana yang terjadi tahun-tahun sebelumnya.

Anggota DPRD Sulut Daerah Pemilihan Manado yang lakukan reses masing-masing Amir Liputo, Novie Mewengkang, Tedy Kumaat, Sisca Mangindaan. James Karinda, Ayub Ali, Andre Angouw.

Rapat paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Sulut Vreke Runtu dan dihadiri Wakil Gubernur Djauhary Kansil.@antarasulut.com

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024