Manado, 24/8 (Antara Sulut) - Danlantamal VIII Manado Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir membuka bimbingan teknis (Bimtek) penerapan aplikasi Simak BMN Kementerian Keuangan pada Lingkungan Kementerian Pertahanan dan TNI di Sulawesi Utara, Senin.

Bimtek penerapan aplikasi Simak (Sistem Informasi Manajemen dan Akutansi) BMN (Barang Milik Negara) itu diikuti 72 peserta dari jajaran Korem 131/Santiago, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) Manado dan Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi Manado.

Danlantamal Manado Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir, mengatakan para peserta harus mengikuti Bimtek itu dengan sungguh-sungguh.

"Dengan demikian peserta dapat mengerti, mengetahui, serta memahami penerapan aplikasi Simak dan BMN," katanya.

Manahan Simorangkir menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pertahanan (Kemhan) karena Lantamal Manado dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan latihan Bimtek dari tiga angkatan TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemhan Laksamana Muda TNI Leonardi dalam sambutan tertulis dibacakan Ketua Tim IV Simak BMN Kemhan Kolonel Inf Kustiman mengatakan siklus pengelolaan BMN yang berawal dari perencanaan, pengadaan, distribusi dan pencatatan sampai dengan penghapusan adalah saling terkait.

"Artinya bahwa untuk menghasilkan pengelolaan BMN dan akuntabilitas kegiatan yang benar, kegiatan dimaksud harus saling mendukung dan mengacu pada peraturan-peraturan yang berlaku," katanya.

Dia mengatakan, pencatatan dan pelaporan pada siklus tersebut merupakan pengaktualisasian dari pengelolaan anggaran yang bersumber dari APBN atau perolehan lainnya dan tercatat menjadi aset atau barang persediaan.

"Sebaik apapun perencanaan, pengadaan dan kegiatan lainnya, namun apabila pencatatan dalam Simak BMN tidak benar dan tidak tertib maka akuntabilitas menjadi diragukan," katanya.

Hadir pada acara itu antara lain, sejumlah pejabat utama Lantamal Manado antara lain Asrena Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna, Asintel Letkol Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo, Asops Kolonel Laut (P) Agustinus M. Susanto, S.W., Aspers Kolonel Laut (P) Edi Eka Susanto, Aslog Letkol Laut (T) Pat Rubedo.

Kemudian Kasipers Korem 131 Santiago Letkol Arm Andi Kaharuddin, Kadislog Lanud Sam Ratulangi Mayor Kal Meikel Edward dan perwakilan Kanwil Depkeu Manado Audrey Permana. @antarasulut.com

Pewarta : oleh Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024