Manado, 4/8 (Antara Sulut) - Sebanyak 342 peserta mengikuti pendidikan pembentukan brigadir tugas umum Polri tahun anggaran 2015 di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Karombasan Manado.

Pembukaan pendidikan tersebut dilaksanakan dalam suatu upacara yang dipimpin Wakapolda Sulut Kombes Pol Yudi Hermawan, di Manado, Selasa.

Kapolri Jenderal Polisi Badrorin Haiti dalam sambutan tertulis dibacakan Wakapolda Sulut Kombel Pol Yudi Hermawan mengatakan, upacara pembukaan pendidikan dilaksanakan secara serentak di lembaga pendidikan Polri dan 28 SPN jajaran Polda.

"Terdapat 12.750 peserta, terdiri 10.650 pria dan 2.100 wanita yang akan mengikuti pendidikan berlangsung selama tujuh bulan," katanya.

Dia mengatakan, tantangan tugas Polri kedepan akan semakin berat dan kompleks, seiring dengan dinamika dan perkembangan lingkungan strategis, serta kemajuan sangat pesat dari ilmu pengetahuan teknologi, informasi komunikasi maupun transportasi.

Berbagai kemajuan tersebut disatu sisi telah memberikan manfaat positif, berupa kemudahan dari masyarakat dalam memperoleh kebutuhannya.

Namun disisi lain telah membawa dampak negatif, berupa meningkatnya potensi gangguan dan intensitas permasalahan Kamtibmas.

Tantangan tugas yang demikian berat harus mampu dijawab Polri, dengan langkah yang tepat guna dan tepat sasaran.

"Salah satunya adalah dengan menyiapkan dan menyelenggarakan pendidikan pembentukan bagi sumber daya brigadir Polri yang nantinya akan menjadi tulang punggung dan garda terdepan pelaksanaan tugas Polri di lapangan," katanya.

Dia mengatakan, selama mengikuti masa pendidikan para siswa akan dibekali dengan berbagai pengetahuan dan ketrampilan, keahlian dan penguasaan taktik dan teknik kepolisian yang memadai.

"Sehingga diharapkan seluruh siswa akan memiliki kompetensi, memahami dan merubah cara berpikir, cara bertindak sebagai anggot Polri yang mahir, terampil dan handal dalam pelaksanaan tugas pengabdian kepada masyarakat bangsa , negara," katanya.

Hadir pada upacara pembukaan itu sejumlah pejabat utama Polda Sulut, Kepala SPN Karombasan Manado AKBP Satake Bayu, serta disaksikan para orang tua wali peserta.@antarasulut.com

Pewarta : oleh Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024