Manado, 14/7 (Antara Sulut)- PT Jasa Raharja Sulawesi Utara (Sulut) melakukan tes alkohol kepada pengendara bus yang membawa rombongan penumpang mudik gratis dengan tujuan Gorontalo.

Pelaksanaan tes itu dilakukan kepada empat sopir bus, saat akan dilepas untuk berangkat mengangkut penumpang di halaman Mapolda Sulut di Manado, Selasa.

Kepala PT Jasa Raharja Sulut Harwan Muldidarmawan mengatakan, pelaksanaan tes tersebut dalam upaya keamanan, kenyamanan saat mudik.

"Para pengemudi bus angkutan mudik gratis tersebut telah dilaksanakan tes, dan hasilnya seluruh pengemudi itu layak untuk membawa kendaraan," kata Harwan.

Harwan Muldidarmawan menambahkan, pada alat tes tersebut, tidak ditemukan adanya kadar alkohol.

Dia mengatakan, pihaknya dan kepolisian terus melakukan kerja sama dalam upaya menicptakan keselamatan berlalu lintas.

"Untuk itu dilakukan langkah-langkah atau program inovatif diantaranya melakukan tes kadar alkohol kepada awak angkutan umum baik sopir maupun kernet," katanya.

Selain melaksanakan tes alkohol, PT Jasa Raharja Sulut juga menggelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara gratis di lokasi pelepasan rombongan mudik tersebut.

Mudik gratis itu dilepas Kapolda Sulut Brigjen Pol Wilmar Marpaung disaksikan antara lain Asisten I PemerintahProvinsi Sulut J Palandung.

Kegiatan mudik gratis itu kerjasama Polda sulut dengan berbagai pihak antara lain, PT Jasa Raharja Sulut, PT Asuransi Jasa Raharja Putra, Telkomsel, PT Permodalan Nasional Madani, Pertamina, Bank Sulut, Perum Damri, Dealer KIA Sulut, Alfa Mart dan Mantos.

Kegiatan mudik bareng gratis dengan tujuan Gorontalo itu diikuti sekitar 72 pemudik dengan menggunakan empat bua bus dan dikawal petugas kepolisian.@antarasulut.com

Pewarta : oleh Jorie M R Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024