Manado (ANTARA) - Calon Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw menyebutkan jumlah rumah sakit aktif saat ini akan ditingkatkan menjadi 57 unit. 

"Sekarang ini ada sebanyak 47 rumah sakit aktif di Sulut dan sebentar lagi akan ditingkatkan menjadi 57 rumah sakit," kata Steven di Manado, Sabtu.

Selain rumah sakit, di bidang kesehatan juga kata dia, jumlah dokter meningkat tajam dari 400 orang pada 10 tahun lalu sekarang ini menjadi 700 orang yang berada di bawah kewenangan pemerintah provinsi.

Kandouw yang sebelumnya dua periode menjabat Wakil Gubernur berpasangan dengan Gubernur Olly Dondokambey mengatakan, dari sisi tenaga kesehatan cukup mumpuni.

"Saat ini ada sebanyak empat rumah sakit yang sudah terakreditasi," katanya menambahkan.

Keempat rumah sakit yang terakreditasi tersebut memiliki peralatan yang lengkap,  sumber daya manusia, dan yang pasti tidak pernah kehabisan stok obat-obatan, katanya.

Dia juga menambahkan, indeks pembangunan pemuda dan olahraga kelima terbaik nasional, kesehatan pemuda di atas rata-rata nasional, begitu juga dengan peran serta pemuda dalam kepemimpinan di Sulut relatif tinggi.

Dari sisi kebudayaan, kata dia, telah terbentuk perda kebudayaan dengan harapan budaya lokal sejajar dengan kebudayaan lokal nasional sehingga bisa menjadi andalan.

Pada pilkada gubernur dan wakil gubernur Sulut, cagub Steven Kandouw berpasangan dengan Letjen TNI (purn) Denny Tuejeh, sementara dua paslon lainnya Yulius Selvanus-Victor Mailangkay dan Elly Lasut-Hanny Pajouw.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024