Manado, (ANTARA Sulut) - DPRD Manado minta dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag) memeriksa beras yang beredar di pasaran.

"Meskipun belum ada temuan beras mengandung bahan plastik, tetapi Disperindag harus melakukan langkah antisipatif dengan memeriksa langsung ke gudang dan pasaran," kata Wakil Ketua DPRD Manado, Richard Sualang, di Manado, Selasa.

Richard mengatakan, Disperindag juga harus memperingatkan para distributor beras supaya berhati-hati dalam memasok kebutuhan pokok tersebut, jangan sampai ada yang mengandung bahan plastik.

"Ingatkan para distrbutor yang memasok beras ke Manado serta pedagang baik di pasar tradisional maupun modern untuk berhati-hati dan memeriksa dengan seksama, utamakan kualitas," katanya.

Menurut dia, itu adalah langkah antisipatif yang paling baik untuk mencegah masuknya beras mengandung bahan plastik yang membahayakan manusia jika sampai terbeli dan dikonsumsi.

Richard mengatakan, dengan melakukan pemeriksaan langsung ke pasar dan gudang-gudang, akan memberikan rasa nyaman kepada masyarakat karena yakin tidak ada beras berbahaya yang beredar.

Dia mengingatkan jangan sampai sudah ada temuan kasus baru bertindak, karena akan susah untuk melakukan penanggulangan sebab bisa saja beras sudah terlanjur dikonsumsi masyarakat tanpa disadari.

Kepala Disperindag Manado, Dante Tombeg mengatakan, sudah melakukan pemeriksaan di lapangan untuk memastikan tidak ada beras mengandung plastik yang beredar di pasar maupun tersimpan di gudang.

"Karena itu kami minta warga jangan panik karena tidak ada beras mengandung plastik beredar di Manado, jadi tenang saja," katanya.

Meski begitu dia mengatakan, pihaknya tetap melakukan pengawasan secara rutin bahkan meningkatkan pemeriksaan ke semua pasar di Manado. ***3***



(T.KR-JHB/B/G004/G004) 26-05-2015 22:34:21

Pewarta : Oleh Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024