Sitaro (ANTARA) - Pelaksanaan tahapan pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) untuk Pilkada 2024 telah dimulai di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Kandou, Manado.

Pemeriksaan ini dilakukan sesuai rekomendasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai bagian dari syarat pencalonan kepala daerah yang mengikuti Pilkada Serentak tahun 2024 di Sulawesi Utara.

Berdasarkan rundown yang telah disusun, pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah berlangsung dari Senin, 2 September hingga Sabtu, 7 September 2024. Setiap pasangan calon mendapat jadwal pemeriksaan selama dua hari, dengan pemeriksaan dimulai pukul 07.30 WITA sampai dengan selesai.

Ketua KPU Sitaro, Stevanus Kaaro, yang turut memantau jalannya pemeriksaan kesehatan menyatakan bahwa kedua pasangan calon, yakni Evangelian Sasingen-Liem Hong Eng dan Chyntia I Kalangit-Heronimus Makainas, telah mengikuti rangkaian pemeriksaan sesuai jadwal yang ditentukan.

"Kedua pasangan calon telah menjalani tahapan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Kami mengapresiasi kerjasama mereka serta pihak rumah sakit yang sudah memberikan pelayanan terbaik," ujar Kaaro.

Paslon Evangelian Sasingen dan Liem Hong Eng yang menjalani pemeriksaan kesehatan sejak hari Kamis (5/9/2024) hingga hari kedua, Jumat (6/9/2024), menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas pelayanan yang diberikan oleh tim medis dan KPU.

"Kami sangat bersyukur bisa menjalani pemeriksaan ini dengan baik dan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu," ungkap Evangelian usai menjalani pemeriksaan.

Pada hari yang sama, paslon Chyntia I Kalangit dan Heronimus Makainas juga menjalani pemeriksaan kesehatan. Mereka dijadwalkan melanjutkan pemeriksaan laboratorium, neurologi, dan radiologi keesokan harinya.

"Kami sudah mengikuti semua prosedur yang ditetapkan dan sangat berterima kasih kepada KPU dan tim medis yang telah memfasilitasi pemeriksaan kami," ungkap Chyntia.

Pemeriksaan kesehatan ini merupakan bagian penting dari proses pencalonan, untuk memastikan bahwa para kandidat dalam kondisi prima dalam menghadapi tugas pemerintahan ke depan.(*)

Pewarta : Stenly RM Gaghunting
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024