Ratahan, (ANTARA Sulut) - Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap meminta kualitas guru lebih ditingkatkan guna menjamin mutu pendidikan anak-anak di daerah itu agar mampu menghadapi persaingan dunia yang semakin ketat.

"Era persaingan saat ini kualitas dari masing-masing guru menjadi penentuan terhadap lulusan-lulusan terbaik, harapan bangsa dan negara," katanya di Ratahan, Senin.

Ia menjelaskan kualitas guru dan pengembangan pendidikan di Minahasa Tenggara sebagai kebutuhan penting dalam pembangunan daerah setempat.

"Karena dari mereka kita dapat menghasilkan lulusan terbaik," katanya.

Saat ini, katanya, perhatian Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara terhadap pendidikan relatif besar, khususnya melalui alokasi anggaran pendidikan di atas 20 persen dari total APBD.

"Semuanya kita perhatikan, baik infrastruktur pendidikan, kesejahteraan dari para guru, dan bantuan bagi siswa siswi yang berprestasi dan kurang mampu, ini wujud dan perhatian pemerintah kabupaten bagi dunia pendidikan," katanya.

Ia mengharapkan dunia pendidikan di Minahasa Tenggara semakin maju dengan lahirnya para lulusan terbaik dari daerah itu, demi menyejahterakan masyarakat.

"Makanya peran semua pihak, termasuk para orang tua sangat penting untuk memajukan pendidikan dan mendorong anak-anak untuk terus meraih yang terbaik, karena apa yang mereka dapatkan itu untuk masa depan bangsa dan negara," katanya.

Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional 2015 di daerah setempat itu, Sumendap menyerahkan beberapa piagam penghargaan kepada siswa berprestasi, baik tingkat nasional maupun provinsi.

Setelah upacara, para siswa dari seluruh sekolah di Minahasa Tenggara melaksanakan pawai bersama dengan mengelilingi Kecamatan Pasan.

Pewarta : Oleh Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024