Manado (ANTARA) - Kegiatan Manado Depth Competition 2024 diikuti delapan negara sebagai salah satu kegiatan dalam memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kegiatan Manado Depth Competition 2024 ini mulai berlangsung hari ini hingga tanggal 3 Agustus 2024," kata Tim Manado Depth Competition 2024 Meiske Wahyu, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan delapan negara yang ikut dalam Kompetisi Manado Depth 2024, yakni Australia, Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, Filipina, Malaysia, Rusia, dan Thailand dengan sebanyak 12 atlet.

Meiske menjelaskan Manado Depth Competition 2024 merupakan ajang kompetisi freediving berstandar internasional AIDA yang diselenggarakan oleh Apnea Murex di Manado.

Kompetisi ini berlangsung dari tanggal 1 hingga 3 Agustus 2024, dengan tujuan mempromosikan keindahan alam bawah laut Manado dan memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Ia mengatakan kompetisi ini menonjolkan keragaman asal peserta, yang terdiri dari 12 atlet dari 8 negara, beberapa di antara mereka adalah pemegang rekor nasional.

Para atlet, katanya, bersaing dalam tiga disiplin berbeda yakni diving with fins, without fins, dan free immersion.

"Tahun lalu, kami berhasil memecahkan rekor kedalaman nasional pada 78 meter, dan tahun ini kami menargetkan untuk mencapai kedalaman 79 meter sebagai bentuk perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia," jelasnya.

Kompetisi ini, katanya, tidak hanya memperkuat posisi Manado sebagai destinasi olahraga air, tetapi juga mendukung perkembangan komunitas freediving lokal dan meningkatkan perekonomian daerah.

Pihaknya sangat berterima kasih kepada para sponsor utama yakni Murex Resorts, Megamas, Molchanovs, Apnea Culture, Garmin, dan Urban Adventure.

Ia mengatakan kompetisi ini juga didukung olehTrudive, Fish on Stilts, Sangar, Pollywog, Dinas Pariwisata Kota Manado, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado, Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Sulawesi Utara, Dua Merpati, Langkah Nusantara, dan RS J H Awaloei sebagai mitra medis.

 
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024