Manado (ANTARA) -  Bidang Dokkes Polda Sulawesi Utara  bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, di Poliklinik Polda Sulut, 29-30 Juli 2024.

Pelaksanaan PIN Polio ini dilakukan secara massal dan serentak untuk mencapai kekebalan kelompok yang optimal dan dapat mencegah perluasan transmisi virus polio, di seluruh Indonesia.

Kabid Dokkes Polda Sulut Kombes Pol dr. Sucipto, DFM melalui Kaur Yankes dr. Farida Alkatiri, M. Kes mengatakan, pemberian imunisasi pada PIN Polio sangat penting untuk mencegah virus polio yang dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen, terutama pada anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi polio lengkap. 

"Selama  dua hari kami melakukan kegiatan PIN polio yang merupakan program nasional. Alhamdulillah pemberian imunisasi kepada anak-anak usia 0-7 tahun selama dua hari di Poliklinik Polda Sulut mencapai 149 orang anak, dan nanti anak-anak ini masih akan mendapatkan kembali imunisasi pagi 2 minggu mendatang," katanya di Poliklinik Polda Sulut.

Ia juga mengimbau kepada orang tua yang memiliki anak usia 0-7 tahun yang belum mendapatkan imunisasi polio, agar segera mendatangi Posyandu, Puskesmas atau tempat-tempat pelayanan imunisasi lainnya.

"Meski sebelumnya anak-anak usia 0-7 tahun sudah mendapatkan imunisasi polio, namun karena adanya kejadian luar biasa di beberapa daerah di Indonesia, sehingga dilaksanakan lagi PIN polio ini," katanya.


 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024