Manado (ANTARA) - Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Presisi Polda Sulut di Manado, Sabtu.

Upacara dipimpin oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan, dihadiri Wakapolda Brigjen Pol Bahagia Dachi, para pejabat utama, dan seluruh personel Polda Sulut, ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, hening cipta, pembacaan Pancasila dan pembacaan Pembukaan UUD 1945.

Membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Kapolda menguraikan kembali sejarah lahirnya Pancasila.

"Pada hari ini 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila, hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang BPUPK," katanya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia emas 2045”. 

"Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Ondonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat," kata Kapolda.

Kapolda mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

"Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah indonesia," katanya.

Ia juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. 

"Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia," kata Kapolda.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024