Manado (ANTARA) - Karantina bersama Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, perkuat pengawasan cegah gangguan terhadap sumber daya alam (SDA) di Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami akan terus jalin silaturahmi, sekaligus membangun koordinasi pengawasan bersama Bakamla dan instansi terkait lainnya," kata Kepala Karantina Sulawesi Utara I Wayan Kertanegara, di Manado, Rabu.

Pada kesempatan tersebut, kedua instansi berkesempatan untuk saling memperkenalkan tugas pokok dalam upaya menjaga negeri dan mencegah pelanggaran hukum di NKRI.

Wayan berharap kerja sama antara Karantina Sulawesi Utara dan Bakamla di Manado bisa semakin terjalin dengan baik dan solid. 

Kolaborasi ini juga diharapkan dapat memperkuat pengawasan bersama dalam mencegah dan menjaga NKRI dari ancaman senjata biologis dan gangguan sumber daya alam hayati Indonesia.

Ia mengatakan melalui masuk dan menyebar penyakit hewan, ikan dan tumbuhan, khususnya di perairan laut Indonesia yang dapat mengganggu stabilitas perekonomian bangsa Indonesia.

Kepala Zona Bakamla Tengah Laksma Bakalma Oc Budi Susanto mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dalam melakukan pengawasan di Sulut.

Dia berharap Bakamla dan Karantina akan menjaga NKRI melalui laut Sulut.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024