Manado (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Regional Office (RO) Manado menyiapkan dana tunai sebesar Rp1,2 miliar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi libur Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Uang kartal kami siapkan demi kelancaran bertransaksi nasabah selama periode libur Idul Fitri 1445 Hijriah,” ujar Regional CEO BRI RO Manado Luthfi Iskandar, di Manado, Kamis.

Lutfie mengatakan meski menyiapkan uang tunai, pihaknya meminta nasabah untuk bertransaksi secara 'cashless', dengan memanfaatkan layanan perbankan digital BRI, seperti internet banking, ATM, dan mesin-mesin CRM.

“Adapun total e- channel BRI yang tersedia di wilayah kerja Sulawesi Utara sebanyak 182 mesin ATM dan 80 mesin CRM,” katanya.

Dia mengatakan, unit kerja BRI akan tetap beroperasi dengan membuka layanan terbatas di Kantor Cabang Ternate, Kotamobagu, Manado, Palu, Gorontalo dan Bitung.

Layanan terbatas dikhususkan untuk penerimaan setoran DO BBM, non BBM dari SPBU atau merchant, layanan Jasa Raharja seperti pembukaan rekening dan klaim asuransi kecelakaan.

Layanan terbatas seperti, penarikan dan setoran dalam nominal besar, pelayanan kartu debit BRI, registrasi fasilitas rekening BRI, dan setoran penerimaan negara.

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara Andry Prasmuko mengatakan pihaknya menyiapkan dana tunai sebesar Rp1,5 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadhan dan Lebaran 1445 Hijriah.

"Dana yang disiapkan tahun ini meningkat 41,4 persen dibandingkan tahun lalu," kata Andry.

Dia mengatakan tahun ini dana yang disiapkan sebesar Rp1,5 triliun, atau meningkat sebesar 41,4 persen dibandingkan dengan realisasi Serambi pada tahun 2023 yaitu sebesar Rp1,1 triliun.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024