Manado (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Utara dan Gorontalo (BSG) terus memperkuat layanan digitalisasi di wilayah perbatasan Sulawesi Utara (Sulut) dan Filipina.

"Kami terus melakukan penguatan sinergi dan kolaborasi antara BSG dan pemerintah daerah, dan kali ini di Kabupaten Kepulauan Talaud yang berbatasan langsung dengan Filipina," kata Pemimpin Divisi PBJ Bank SulutGo Nolvy Kilanta, di Manado, Rabu.

Dia mengatakan BSG dan Pemkab Talaud dalam mendorong pembangunan daerah dengan peningkatan akses keuangan bagi masyarakat Talaud melalui perluasan jaringan kantor BSG dan layanan keuangan digital.

Dukungan BSG juga, katanya, terhadap pengembangan UMKM di Talaud melalui penyaluran kredit dan program pelatihan.

Serta, katanya, pemanfaatan produk dan layanan BSG oleh Pemkab Talaud untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan daerah.

Dia menjelaskan untuk mendigitalisasi wilayah perbatasan Sulut, BSG juga meluncurkan BSGqris di Pantai Indah Melonguane.

BSGqris, katanya, merupakan layanan pembayaran digital yang menggunakan QR Code. Layanan ini dapat digunakan untuk pembayaran retribusi parkir tepi jalan, pasar, kesehatan, dan transaksi di UMKM di Kabupaten Kepulauan Talaud.

BSGqris ini diharapkan dapat mendorong penggunaan transaksi non-tunai di Talaud dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Selain itu, BSGqris juga diharapkan dapat membantu UMKM di Talaud untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar.

Bupati Talaud Elly Engelbert Lasut mengatakan pihaknya menyambut baik kegiatan yang diadakan oleh BSG. Sinergi dan kolaborasi antara BSG dan Pemkab Talaud sangat penting untuk mendorong pembangunan daerah.

"Saya mengapresiasi Bank SulutGo atas komitmennya untuk mendukung pembangunan di Talaud. Saya yakin dengan kerjasama yang baik, kita dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Talaud," ujar Elly.

Masyarakat Talaud juga menyambut positif kegiatan BSG. Mereka berharap BSG dapat terus meningkatkan layanannya dan memberikan manfaat bagi masyarakat Talaud.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024