Manado (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara dan Gorontalo (BSG) menyosialisasikan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pengunjung dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Ngabuburit Fest 2024 di Manado, Sulawesi Utara, Selasa.

"Selaku BPD yang dipercaya pemerintah untuk menyalurkan KUR, maka edukasi dan sosialisasi terus kami tingkatkan," kata Staf  Divisi Kredit BSG Clief Mamusung saat melakukan sosialisasi KUR di Manado, Selasa.

Dia mengatakan dalam kesempatan Ngabuburit Fest 2024 ini, pihaknya memanfaatkan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana mendapatkan pinjaman KUR.

Ia menjelaskan KUR merupakan fasilitas kredit atau pembiayaan modal kerja dan atau investasi kepada pelaku UMKM dan koperasi yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup.

Dengan kata lain, katanya, melalui KUR pemerintah berusaha membantu pengusaha-pengusaha kecil yang unbankable menjadi lebih mudah mendapatkan akses ke lembaga keuangan atau pembiayaan yang terjamin agar usaha yang dimiliki lebih berkembang.

Saat ini, katanya, pembiayaan KUR dari super mikro hingga Rp10 juta KUR mikro hingga Rp100 juta dan KUR kecil hingga Rp500 juta.

"Yang lebih menarik bunga KUR super mikro hanya tiga persen per tahun, sedangkan KUR mikro dan Kecil dari enam persen hingga sembilan persen," katanya.

Dirut BSG Revino Pepah mengatakan, pihaknya terus meningkatkan penyaluran KUR Bohusami guna memperkuat kearifan lokal di Sulut.

"Banyak pelaku usaha, petani yang menggeluti bidang usaha yang mengangkat kearifan lokal, sehingga kami masuk di sana agar semakin berkualitas," kata Revino.

Dia mengatakan program pembiayaan Kredit Bohusami yakni Ba Kobong, Bohusami Ba Ternak, Bohusami Ba Soma, Bohusami Ba Tibo, Bohusami Ba Pasiar dan Bohusami Perempuan Hebat.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024