Manado (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara Sarbin Sehe menekankan rasa persatuan dan kesatuan guna memperkuat moderasi beragama di daerah tersebut.

"Kementerian Agama secara terus-menerus membangun hubungan yang baik dengan lembaga keagamaan, menjadi jembatan hukum dalam menjalin silaturahmi antar umat beragama," kata Sarbin, dalam Penguatan Moderasi Lembaga Keagamaan Budha Tahun 2024, di Manado, Senin.

Dia mengatakan untuk terus perkuat rasa persatuan dan kesatuan di dalam menjalin hubungan yang harmonis baik intern/sesama, antarumat beragama, serta  umat beragama dan pemerintah.

Kementerian Agama terus menjalin komunikasi dengan lembaga dan umat beragama dalam meningkatkan sikap hidup rukun dan penguatan nilai-nilai agama melalui kegiatan penguatan moderasi lembaga kali ini.

Bagi umat Budha, Kakanwil mengimbau agar mempertajam sikap toleran, saling menghormati perayaan agama umat lain yang ada di Indonesia khususnya di Sulawesi Utara.

Kakanwil berharap agar dapat dipahami bahwa perbedaan adalah sesuatu yang indah, jangan sampai menghadirkan konflik yang justru akan memecah belah persatuan.

Untuk itu, katanya, dengan kegiatan ini akan tercipta sikap umat agama yang moderat untuk kehidupan yang damai dan sejahtera di Sulawesi Utara.

Hadir dalam kegiatan ini Pembimas Budha Saryono, dan peserta yang terdiri dari ketua dan pengurus lembaga keagamaan umat Budha se-Sulawesi Utara.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024