Manado (ANTARA) -
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Utara menuntaskan pengaspalan jalan tanah di ruas Beo - Essang - Rainis Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara sepanjang 11 kilometer.
 
"Tinggal 11 kilometer jalan tanah yang akan kami aspal tahun ini dari total 23 kilometer," kata Kepala BPJN Sulawesi Utara Hendro Satrio MK di Manado, Kamis.
 
Dia mengatakan, penuntasan jalan tanah di segmen Beo - Essang - Rainis tersebut diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp80 miliar.
 
Kita akan kebut penyelesaian jalan tanah tersebut hingga akhir tahun sehingga bisa selesai tepat waktu.
 
Hendro menyebutkan, ada empat paket tahun jamak (multi years) yang akan tuntas di akhir tahun ini termasuk jalan tanah di ruas Beo - Essang - Rainis.
 
Ketiga paket lainnya adalah preservasi jalan Wori - Likupang - Bitung (tahun jamak 2022 - 2024) menelan anggaran sekitar Rp106 miliar.
 
Selanjutnya, preservasi ruas jalan Maelang - Biontong - Atinggola senilai Rp152 miliar (tahun jamak 2022-2024) serta preservasi jalan Beo - Essang - Rainis (tahun jamak 2023 2024) dengan total anggaran Rp103 miliar.
 
"Jadi apa yang kami kerjakan tahun ini tinggal kelanjutan dari pekerjaan-pekerjaan tahun sebelumnya. Mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu," ujarnya.
 
Hendro menyebutkan, pembangunan infrastruktur di wilayah kepulauan menjadi program prioritas percepatan karena masuk daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024