Manado (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Sulawesi Utara beberapa hari ke depan.
 
"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 15 Maret 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle di Manado, Selasa.
 
Dia menyebutkan beberapa kabupaten dan kota di provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa tersebut berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.
 
Dia berharap warga berhati-hati apabila melakukan aktivitas saat kondisi cuaca ekstrem.
 
"Waspadai potensi banjir, tanah longsor serta pohon tumbang di daerah-daerah yang tergolong rawan. BMKG terus melakukan pemutakhiran kondisi cuaca ekstrem melalui media informasi yang bisa diakses," ujarnya.
 
Dia menyebutkan di tanggal 13 - 14 Maret, seluruh wilayah Sulut yang mencakup Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Bitung, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kabupaten Minahasa Tenggara tidak berpotensi cuaca ekstrem.
 
Begitupun dengan Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow timur, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Sitaro, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.
 
Sementara itu di tanggal 15 Maret, potensi cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara.
 
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024