Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta warga mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi di Sulawesi Utara hingga akhir Februari 2024.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 29 Februari 2024, oleh karena itu diminta kepada warga untuk mewaspadainya" kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle di Manado, Selasa.

Dia memperkirakan, kondisi cuaca ekstrem tersebut berpeluang terjadi di seluruh wilayah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara.

"Warga diharapkan mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," katanya.

Ben menjelaskan pada tanggal 27 Februari cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Di hari berikutnya, berpotensi terjadi di seluruh wilayah mencakup Kota Tomohon, Kota Manado, Kota Bitung, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Selanjutnya, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sementara di tanggal 29 Januari 2024, cuaca ekstrem diprediksikan terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024