Manado (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Sulawesi Utara masih berpotensi dilanda cuaca ekstrem hingga beberapa hari ke depan.
 
"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 29 Desember 2023," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle, di Manado, Selasa.
 
Dia berharap warga mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.
 
BMKG terus memutakhirkan data dan informasi peringatan dini cuaca ekstrem di setiap wilayah menggunakan kanal informasi yang terverifikasi.
 
"Kami terus berharap warga mewaspadai potensi bencana banjir dan tanah longsor serta pohon tumbang," ujarnya.
 
Warga juga diharapkan tetap bersiaga apabila menempati daerah-daerah curam, terjal, dan bantaran sungai, terutama apabila berada dalam kondisi cuaca ekstrem.
 
Dia mengatakan, pada 27 Desember diprediksi tidak terjadi kondisi cuaca ekstrem. Sementara pada 28 Desember berpeluang terjadi di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, Kota Tomohon, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
 
Sedangkan pada hari berikutnya kondisi serupa berpotensi terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024