Manado (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama PT PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi bersinergi mempercepat penyelesaian Proyek Strategis Nasional yaitu pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan (PIK).

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama PLN dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan," ujar Gubernur saat menerima kunjungan General Manager (GM) PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi Josua Simanungkalit didampingi Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi, Nur Akhsun serta Manager Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Utara, Husni Wardana, di kediamannya, Senin.

Gubernur berharap, adanya pembangunan infrastruktur kelistrikan tersebut nantinya dapat meningkatkan investasi dan mendorong pertumbuhan perekonomian di provinsi itu.

Sebelumnya GM PLN UIP Sulawesi Josua Simanungkalit memaparkan terkait progres pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di Sulawesi Utara yang telah dirampungkan di tahun 2023 kepada Gubernur Olly.

“Sepanjang tahun 2023, PLN telah merampungkan pembangunan dua jalur transmisi yaitu SUTT 150 kV Likupang-Paniki dan SUTT 150 kV Likupang-Pandu," katanya menjelaskan.

Saat ini, kata dia, PLN juga sedang membangun PLTU Sulut -1 dengan kapasitas (2 x 50 MW) yang terletak di Desa Binjeita, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan progres konstruksi pembangunan PLTU Sulut-1 telah mencapai 93 persen.

“Selain untuk menjalin komunikasi, maksud kedatangan kami juga untuk meminta dukungan dalam penyelesaian pembangunan proyek PLTU Sulut-1 yang saat ini progres pekerjaannya telah mencapai 93 persen," katanya.

Dia berharap pembangunan proyek PLTU Sulut-1 bisa dirampungkan pembangunannya pada tahun depan.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024