Manado (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ulu Siau, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro(Sitaro), Sulawesi Utara, melaksanakan berbagai kegiatan dalam upaya membentuk kepribadian warga binaan pemasyarakatan menjadi lebih baik .

Kepala Lapas Ulu Siau Stady Umboh, ketika dihubungi dari Manado, Sabtu, mengatakan sejumlah kegiatan dilaksanakan dalam membentuk kepribadian warga binaan.

“Kegiatan tersebut antara lain penyuluhan hukum, upacara dan di bidang kerohanian seperti ibadah,” kata Umboh.

Menurut dia, dalam pelaksanaan program itu, Lapas Ulu Siau melakukan kerja sama dengan berbagai pihak.

Seperti dalam penyuluhan hukum, bekerja sama dengan lembaga bantuan hukum yang berada di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Penyuluhan hukum ini penting dilaksanakan supaya warga binaan memiliki pengetahuan akan aturan yang ada serta sadar hukum.

Berharap setelah warga binaan itu keluar usai menjalani masa pidana, warga binaan tersebut tidak lagi melakukan pelanggaran hukum.

“Itulah yang kami harapkan, warga binaan tidak lagi melakukan tindakan- tindakan yang melanggar hukum. Kendatipun itu tergantung dari warga binaan tersebut, walaupun sudah diberikan pembinaan tetapi masih melakukan tindakan melanggar hukum saat keluar nanti, tetapi Lapas sudah berupaya untuk membentuk kepribadian warga binaan jadi lebih baik,” katanya.

Ia menambahkan Lapas berusaha untuk memberikan penyuluhan hukum supaya warga binaan memiliki sadar hukum saat ke luar nanti.


Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024