Manado (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara dan Gorontalo (BSG) dan BRI melakukan edukasi dan literasi keuangan kepada masyarakat di Desa Minaesa dan Desa Darunu, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut), Rabu.

"Kami melakukan edukasi dan literasi keuangan ini guna mendorong peningkatan kualitas desa ekosistem keuangan inklusi (EKI) di daerah ini," kata Kepala OJK Sulutgomalut Winter Marbun, di Minahasa Utara.

Dia mengatakan hal ini merupakan program pencapaian pembangunan nasional yang berkelanjutan. 

Melalui program ini, katanya, masyarakat diberikan pemahaman manajemen keuangan, menabung, berinvestasi, dan pencegahan pinjaman online (pinjol) ilegal serta investasi bodong.

Hal ini, katanya, untuk membantu masyarakat mengelola aset dengan bijak, sehingga masyarakat mendapat pelatihan dan pendampingan, baik dari OJK maupun perbankan.

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda mengatakan edukasi tentang jasa keuangan kepada masyarakat di desa maupun kota sangat penting.

"Agar, jangan ada masyarakat yang menjadi korban investasi bodong dan sejenisnya," kata Joune.

OJK memberikan edukasi, agar masyarakat terbuka dan tidak mudah tersesat.

Kegiatan edukasi dan literasi keuangan ini berkolaborasi dengan perbankan yakni BSG dan BRI bertepatan dengan HUT ke-12 OJK.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024