Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi 2,5 meter di beberapa wilayah perairan Sulawesi Utara (Sulut) dan sekitarnya.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini 1,25 meter hingga 2,5 meter beberapa perairan hingga 17 November 2023," sebut Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Maritim Bitung, Ricky D Aror di Manado, Kamis.

Karena itu, dia berharap warga yang melakukan aktivitas di wilayah-wilayah perairan dengan ketinggian gelombang 1,25 meter hingga 2,5 meter berhati-hati.

Dia menyebutkan, ada tekanan rendah 1006 hPa terdapat di Samudera Pasifik sebelah utara Papua, sementara pola angin dominan bergerak dari barat – utara dengan kecepatan berkisar antara empat hingga 15 knot.

Peringatan dini tinggi gelombang tersebut berpotensi terjadi di perairan utara hingga timur Kepulauan Sangihe, perairan utara Kepulauan Talaud, perairan timur Kepulauan Sitaro dan Laut Maluku bagi utara.

Dia juga berharap masyarakat memperhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran, misalkan perahu nelayan memperhatikan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kapal tongkang, kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang 1,5 meter, sementara kapal Feri, kecepatan angin lebih dari 21 Knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Selanjutnya, jenis kapal besar kecepatan angin lebih dari 27 knot dengan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024