Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) menentukan arah kiblat di Bandara Bolaang Mongondouw (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kali ini kami melaksanakan Penentuan Arah Kiblat untuk pembangunan Musholla di lokasi Bandara Udara Bolaang Mongondow," kata Kasie Bimas Islam Kemenag Bolmong Kamsiran Yusup, di Bolmong, Jumat.

Kamsiran Yusup mengatakan tujuan dari penentuan arah kiblat ini untuk memastikan arah kiblat yang akan digunakan untuk pembangunan Mushola Bandara Udara Bolaang Mongondow telah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Dijelaskannya pula, alat yang digunakan dalam pengukuran arah kiblat ini adalah Mizwala Qibla Finder, yakni alat yang dirancang khusus untuk mengukur dan menentukan keakuratan arah kiblat.

Salah satu tujuan dari pengukuran arah kiblat adalah mengukur tingkat akurasi pada mesjid sehingga salah satu syarat sah shalat yaitu menghadap kiblat menjadi terpenuhi.

Adapun dua alat yang paling direkomendasikan oleh Kemenag yaitu theodolit dan mizwala qibla finder.

Oleh sebab itu, perhitungan arah kiblat pada dasarnya adalah perhitungan yang dimaksudkan untuk mengetahui ke arah mana ka`bah di Makah itu dilihat dari suatu tempat di permukaan Bumi ini.

Sehingga, katanya, semua gerakan orang yang sedang melaksanakan shalat, baik ketika berdiri, ruku`, maupun sujudnya selalu berimpit dengan arah yang menuju ka`bah.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024