Manado (ANTARA) - Kepala Pusat Laboratorium Forensik (Kapuslabfor) Polri Brigjen Pol Haris Aksara mengatakan pembangunan gedung Labfor di Polda Sulawesi Utara (Sulut) dapat mempermudah pelaksanaan tugas-tugas penyidikan kepolisian.

"Dengan adanya Labfor ini dapat mempermudah dan mempercepat pelaksanaan tugas," kata Haris saat peresmian gedung Bidang Laboratorium dan Forensik (Bidlabfor) Polda Sulut, di Manado, Selasa  

Dia menambahkan selama ini mungkin karena kendala jarak yang jauh, dengan adanya Bidlabfor ini akan mempermudah dan mempercepat penyidikan kasus-kasus yang membutuhkan analisis forensik.

"Sehingga akan lebih mudah dan lebih akurat," katanya.

Dia mengatakan meskipun masih minim SDM, namun Bidlabfor Polda Sulut harus dapat melaksanakan tugas dengan baik.

"Peralatan dan personel sudah sesuai standar yang kita gelar di setiap labfor, hanya memang untuk sementara SDM masih terbatas," katanya.

Peresmian Gedung Bidang Labfor Polda Sulut dilakukan Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto didampingi Kapuslabfor Polri Brigjen Pol Haris Aksara.

"Gedung ini merupakan suatu kelengkapan yang dimiliki Polda Sulut dengan adanya satuan kerja baru, yaitu Bidlabfor Polda Sulut. Ini merupakan suatu kebanggaan dan tentunya harus diimbangi dengan hasil pemeriksaan labfor nantinya," kata Kapolda.

Gedung Bidlabfor yang berada di lahan SPN Polda Sulut, memiliki luas lahan sebesar 6.000 meter persegi, dengan luas bangunan utama 2 lantai 2.464 meter persegi, bangunan pendukung 132 meter persegi, dan bangunan asrama 2 lantai 750 meter persegi.

"Proses pekerjaan Gedung Bidlabfor ini dimulai tahun 2019 dan selesai tahun 2022, dengan fasilitas gedung utama yang terdiri dari 2 lantai, 5 laboratorium, asrama anggota, power house dan lapangan upacara serta area parkir," kata Kapolda.

Gedung Bidlabfor Polda Sulut ini setelah beroperasional akan membawahi tiga Polda, yaitu Polda Sulut, Polda Gorontalo dan Polda Maluku Utara. 

"Saya berharap Bidlabfor Polda Sulut ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Polda Gorontalo, dan Polda Maluku Utara serta instansi terkait yang akan melaksanakan uji forensik, yang mana sebelumnya terlayani oleh Bidlabfor Polda Sulsel di Makasar," katanya.

Peresmian tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Forkopimda Sulut, pejabat terkait dari Mabes Polri, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Jan de Fretes, vendor pelaksana, dan para Pejabat Utama Polda Sulut.

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024