Manado (ANTARA) - Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara (Sulut) H Sarbin Sehe, meminta dukungan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) guna mewujudkan perda haji di daerah tersebut.

"Kami berharap masyarakat dan pimpinan umat beragama agar mendukung upaya pembuatan perda haji di Sulut," kata Sarbin, di Manado, Jumat.

Kakanwil menyentil standardisasi biaya lokal haji yang tengah digarapnya saat ini.

Selaku Project Leader, ia menjelaskan sekaligus memohon dukungan atas inovasi kepemimpinan yang digagasnya selama mengikuti PKN II Tahun 2023 Angkatan XVI demi kepentingan jamaah haji.

Hal ini sesuai dengan amanat UU No. 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.

Ia menilai hal ini selaras dengan semangat toleransi yang ingin dilestarikan.

Sebab perda terkait biaya lokal haji akan sangat berdampak positif terhadap saudara-saudara Muslim, juga akan berdampak pada ekonomi Sulut secara umum.

"Kami mohon dukungan semua pihak agar semua proses ini bisa melahirkan peraturan daerah mengenai standarisasi biaya lokal haji yang membawa manfaat bagi kemaslahatan banyak orang, terutama para jamaah haji," tutup Kakanwil.

Kepada Ketua FKUB Sulut, Pdt Lucky Rumopa dan para tokoh agama yang turut hadir, Kakanwil meminta dukungan agar Perda Haji dapat terealisasi di Sulut.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024