Manado (ANTARA) - Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Daerah XIII/Merdeka Nonny Legowo Jatmiko melakukan kunjungan kerja ke wilayah teritorial Korem 131/Santiago.

Plh Kapenrem Kapenrem 131/Santiago Mayor Inf Gusnawan, mengatakan kunjungan kerja Pangdam bertujuan untuk dapat mengenal lebih dekat anggota dan keluarga besar yang berada di wilayah Kodam XIII/Merdeka, khususnya Korem 131/Santiago, sekaligus menjalin sinergitas TNI dan pemerintah daerah.

"Dalam kunjungan kerja tersebut Pangdam didampingi Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, dan Ketua Persit KCK Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka  Ning Untari Wakhyono," kata Kapenrem, di Manado, Kamis.

Rangkaian kunjungan kerja diawali dengan mengunjungi serta memberikan pengarahan kepada prajurit dan Persit Secaba Rindam XIII/Merdeka.

Usai memberikan pengarahan, Pangdam XIII/Merdeka dan rombongan melanjutkan kunjungan kerjanya di wilayah Kodim 1302/Minahasa, yakni ke PLTU 2 Amurang Tawaang Kecamatan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan.

Kunjungan itu  untuk melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kodam XIII/Merdeka dan PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo terkait pemanfaatan 'flay ash' PLTU untuk program Kodam XIII/Merdeka.

Selanjutnya, Pangdam beserta rombongan melakukan kunjungan ke Kodim 1303/Bolaang Mongondow (Bolmong).

 Pada kunjungan itu Pangdam menerima laporan Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Topan Angker, kemudian memberikan pengarahan kepada anggota beserta Persit Kodim 1303/Bolmong, 

Pangdam meminta kepada seluruh anggota untuk selalu hidup sederhana dan selalu bersyukur apa yang kita miliki dengan menghindari gaya hidup berlebihan dan mulai menabung untuk hari pensiun kita nanti.

Pangdam juga  mengingatkan tentang penggunaan medsos, untuk menggunakan medsos sesuai peruntukannya, jangan digunakan untuk tidak pada tempatnya atau hal-hal yang negatif.

Usai tatap muka dengan prajurit dan Persit Kodim 1303/Bolmong rombongan, Pangdam selanjutnya bertolak menuju Desa Solog Kecamatan Lolak,  Bolmong untuk meninjau Daerah Latihan Menembak Senjata Berat teknis (Rahlat bakjatrat) yang saat ini dilaksanakan oleh Yonarmed 19/105 Tarik Bogani.

Pada kesempatan itu, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono menerima brevet dan menjadi warga kehormatan Korps Artileri Medan, usai melaksanakan Latihan Menembak Senjata Berat (Latbakjatrat) dari Batalyon Artileri Medan (Armed) 19/105 Tarik Bogani, yang penyematan brevet kehormatan disematkan langsung oleh Danyonarmed 19/105 Tarik Bogani Letkol Arm Dony Romansah

Selain Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, brevet kehormatan Artileri Medan dan piagam penghargaan juga diberikan kepada Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko beserta para pejabat jajaran Kodam XIII/Merdeka dan unsur Forkopimda Kabupaten Bolmong.

Selain mengunjungi tiga satuan TNI Angkatan Darat yang ada di wilayah Korem 131/Santiago, Pangdam beserta rombongan juga melaksanakan silaturahmi dan tatap muka dengan unsur pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) yakni Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Minahasa Selatan

“Kunjungan Pangdam juga dalam rangka meninjau kegiatan latihan menembak senjata berat oleh Batalyon Artileri Medan 19/105 Tarik Bogani yang dilaksanakan pada tanggal 18-22 September 2023,” katanya.

Kunjungan kerja Pangdam XIII/Merdeka yang berlangsung selama dua hari tersebut, didampingi antara lain Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Patar Sahat Pangabean, Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Endra Saputra Kusuma, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, para Kasi Kasrem 131/Santiago.

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024