Makassar (ANTARA) - Sekolah Kristen berstandar internasional resmi beroperasi dan telah memulai pembelajaran perdana tahun ajaran 2023-2024 di Center Poin of Indonesia (CPI) Kawasan Citra Land City Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan.

"Ada potensi bagi anak-anak kita, pengembangan talenta mereka. Untuk itu perlu di diberikan conneting pengetahuan lebih banyak utamanya beradaptasi dengan teknologi saat ini yang jangkauannya begitu luas," ujar Ketua Yayasan IPEKA, Erwin Tenggono di sela peresmian Sekolah Kristen tersebut di Makassar, Sabtu.

Direktur Utama IPEKA Pdt Handojo dalam kesempatan itu menambahkan, sekolah Kristen IPEKA sudah berdiri 44 tahun. Tujuan dari sekolah ini adalah mendidik anak secara utuh, bukan hanya pandai dalam segi akademis tapi juga memiliki akhlak yang baik.

"Jadi, sekolah ini bukan lembaga bisnis, tapi untuk melayani dunia pendidikan. Kita tidak ada diambil keuntungan, tapi didedikasikan untuk pendidikan dan terus membangun sekolah-sekolah. Kami ingin lembaga pendidikan unggulan serta menyediakan pendidikan berkualitas," paparnya.

Sebagai sekolah Kristen berstandar internasional yang hadir di Kota Makassar, tentu memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Selain itu telah membekali dan mempersiapkan para guru selama satu tahun dengan pelatihan-pelatihan yang dapat melengkapi kemampuan mereka dalam menerapkan pembelajaran di IPEKA CPI.

 

Pengendara melintas di depan Sekolah Kristen IPEKA di Kawasan Citra Land City Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (2/9/2023). ANTARA/Darwin Fatir.

Direktur Sekolah Internasional IPEKA Susanti menyampaikan, IPEKA CPI menggunakan kurikulum yang dikembangkan yaitu IPEKA Christian Education (ICE) Curriculum. Kurikulum ini mengintegrasikan iman dan ilmu yaitu, pandangan Alkitabiah dengan kurikulum Pearson Edexcel dan Kurikulum Merdeka.

Saat ini sekolah menerima siswa TK, SMP dan SMA. Sedangkan untuk tingkat SD direncanakan pada tahun depan dibuka mulai kelas 1-4, alasannya ruangan dan bangunan dalam proses perampungan.

“Murid-murid IPEKA diharapkan tidak hanya berprestasi dan unggul secara akademis, tetapi juga memiliki iman kepada Yesus Kristus, memiliki karakter yang baik, dapat bekerja sama dengan baik, serta memiliki critical thinking, sehingga lulusan IPEKA menjadi pribadi yang tangguh di masa depan. Saat," tuturnya.

Untuk kurikulum, diperkaya lima pilar keunggulan yang dipandu oleh standar pembelajaran internasional. Pilar unggulan ini disebut iLEAD, yang fokus pada Internal Growth (pertumbuhan internal), Leadership (kepemimpinan), Entrepreneurship (kewirausahaan), Language Acquisition (penguasaan bahasa), dan Digital Literacy (literasi digital).

Peresmian operasional sekolah tersebut dihadiri Ketua Yayasan IPEKA Erwin Tenggono, Direktur Utama IPEKA Pdt. Handojo, Direktur Sekolah Internasional IPEKA, Susanti, pimpinan dari Sekolah Kristen IPEKA, perwakilan dari Badan Pengurus Yayasan Iman, Pengharapan, dan Kasih, Sinode Gereja Kristus Yesus (GKY), serta perwakilan dari GKY Makassar.

Hadir pula Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin Mustakim, serta Kepala Seksi Kelembagaan dan Kemitraan Pendidikan Dasar Bidang Pengembangan Pendidikan Dasar Kota Makassar.

 


Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024