Manado (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda)  Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melakukan pembinaan wirausaha produk kerajinan untuk meningkatkan kualitas dan mutu produk yang dihasilkan para perajin di daerah itu.

"Hal ini dilakukan guna meningkatkan kualitas dan mutu produk kerajinan Sulut," kata Ketua Dekranasda Provinsi Sulut Rita Maya Dondokambey Tamuntuan, di Manado, Senin.

Dia mengatakan berbagai terobosan yang inovatif dan kreatif serta dapat meningkatkan kesejahteraan para perajin akan menjadi fokus Dekranasda.

Rita mengatakan pihaknya mendorong semangat kewirausahaan para pelaku ekonomi kreatif  di Sulut.

Dekranasda turut membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan di bidang industri kerajinan dan program peningkatan kualitas sumber daya manusia serta memperluas akses pasar kerajinan di dalam dan di luar negeri.

Rita menyampaikan fungsi Dekranasda adalah sebagai wadah pembinaan produk kerajinan, sebagai warisan budaya bangsa, juga sebagai wadah pengembangan anggota dalam usaha mewujudkan tujuan organisasi.

Dekranasda juga sebagai wadah yang turut serta menyukseskan pembangunan nasional dalam meningkatkan ekspor non migas dan sebagai sarana penyaluran aspirasi anggota dan sarana timbal balik antara anggota dengan kekuatan sosial budaya dan pemerintah.

Sebagai sarana untuk menghimpun seluruh potensi dari kalangan swasta profesional masyarakat bagi pengembangan kerajinan seni dan budaya, Dekranasda juga terus mewujudkan fungsinya.

“Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan Dekranasda yaitu meliputi pembinaan produk kerajinan sebagai warisan budaya bangsa seperti pengembangan kain khas daerah produk dari kayu, bambu, anyaman dan hasil kerajinan kelapa serta produk kerajinan lainnya yang menjadi unggulan masing-masing daerah,” jelasnya.

Pembinaan yang dilakukan Dekranasda, juga meliputi pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan kualitas produk kerajinan, pengembangan pasar dalam dan luar negeri.

Melalui keikutsertaan dalam berbagai pameran baik yang diselenggarakan di tingkat lokal, antara lain pameran dalam rangkaian HUT Provinsi dan pameran di berbagai daerah di Indonesia maupun pameran di luar negeri.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024