Manado (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) mengkampanyekan kerja keras bebas cemas (KKBC) pada pedagang di pasar tradisional, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami ingin membangun perasaan tenang kepada para pekerja," kata Kepala BPJAMSOSTEK Sulawesi Utara Sunardy Syahid, di Manado, Minggu.

Sunardy mengatakan para pedagang cukup bekerja keras tanpa harus ada rasa cemas dengan berbagai risiko yang bisa terjadi kapanpun dan dimanapun karena sudah ada BPJAMSOSTEK yang memberikan perlindungan bagi pekerja dan keluarga.

Ia mengatakan, program yang dilaksanakan ini untuk dapat memberikan pemahaman langsung kepada para pedagang pasar tentang manfaat program dari BPJS Ketenagakerjaan.

Seluruh karyawan BPJAMSOSTEK langsung ke lapak-lapak untuk sebarkan brosur dan berikan penjelasan manfaat program, serta langsung mendaftarkan pedagang yang ingin menjadi peserta, ujar Sunardy.

BPJAMSOSTEK memiliki program perlindungan yakni jaminan kematian, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kehilangan pekerjaan.

"Kami berterima kasih juga kepada PD Pasar Kota Manado yang sangat mendukung kegiatan ini, dan juga peduli dengan para pedagang di pasar," tambah Sunardy.

Direktur Operasional PD Pasar Kota Manado Irving Biki mengatakan bekerja sama dengan BPJAMSOSTEK turun langsung ke pasar untuk mensosialisasikan manfaat program kepada para pedagang dan juga pembeli.

Pihaknya sangat mendukung program dari BPJS Ketenagakerjaan, dengan turun langsung ke Pasar Bersehati ini, bisa dapat memberikan pemahaman langsung kepada para pedagang.

Manfaat program perlindungan pekerja yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan ini harusnya dapat dimanfaatkan oleh para pedagang, karena setiap bekerja pasti ada resikonya, ujar Irving.

Pada kegiatan ini selain memberikan sosialisasi, juga menyediakan hiburan organ tunggal dan ada lomba karaoke lagu berjudul Kerja Keras Bebas Cemas dengan hadiah uang tunai serta souvenir menarik.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024