Manado, 1/12 (AntaraSulut) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr Sinyo Harry Sarundajang mengingatkan sekretaris daerah (Sekda) dalam menjalankan tugas sebagai top organisasi perlu melakukan pendekatan mulai dari tingkat pusat hingga ke desa-desa.

Gubernur Sarundajang mengingatkan hal tersebut ketika melantik Sandra TP Moniaga menjadi Sekda Kabupaten Minahasa Utara (Minut) di ruang Huyula Kantor Gubernur, Manado, Senin.

Acara pelantikan itu dihadiri Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil, Bupati Minut Sompie Singal, Wakil Bupati Minut Yulisa Baramuli, Ketua DPRD Minut Berthi Kapoyos serta pejabat teras provinsi dan Minut.

Gubernur mengatakan, struktur organisasi pemerintahan daerah sudah baku, aturlah sesuai ketentuan dan harus dilaksanakan secara bertangung jawab.

Lakukan pendekatan sistem sesuai perundang-undangan berlaku, sesuai kemampuan daerah dan ketersediaan aparatur daerah serta tempatkanlah pegawai sesuai kompetensi yang ada berdasarkan kebutuhan organisasi.

Pendekatan itu perlu ditegakan oleh seorang Sekda. Disamping itu ubahlah paradigma dan cara pandang pelayanan sebagai penguasa tapi melayani, harus mampu membangun hubungan harmonis dengan lembaga legislatif, ujarnya.

Gubernur juga mengingatkan sebagai pembantu bupati, Sekda harus mampu mendistribusikan setiap pekerjaan kepada para kepala SKPD dengan baik, karena Minut adalah kabupaten kedudukannya sangat strategis sebagai penyangga Kota Manado dan Kota Bitung, disamping kedudukannya sebagai `golden triangle Kabima`.***1***



Pewarta : Oleh Jootje Kumajas
Editor :
Copyright © ANTARA 2024