Manado (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) menyalurkan bantuan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) guna mengembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Pulau Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

"Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen PLN dalam mendorong pertumbuhan ekonomi mikro khususnya Creating Share Value (CSV) yang berlandaskan Sustainable Developments Goals (SDGs), dalam peningkatan perekonomian yang dikolaborasikan dengan dukungan berbagai pihak untuk bersama menumbuhkan ekonomi masyarakat dan pembangunan berkelanjutan," kata General Manager PLN Suluttenggo Ari Dartomo di Manado, Jumat.

Dia mengatakan melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado, telah diberikan Bantuan Penataan Usaha Ekonomi Masyarakat dan Pengembangan UMKM dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Lokasi Wisata Pantai Pulau Bunaken.

Asisten Manajer Keuangan dan Umum PLN UP3 Manado Noven Koropit mengatakan Pulau Bunaken sudah terkenal dan bahkan mendunia dari sisi pariwisata. Taman Laut Bunaken menjadi primadona utama dari pulau ini yang menawarkan keindahan dengan biota laut yang juga beraneka ragam.

Hal itu menjadi magnet bagi UMKM di Pulau Bunaken untuk ikut tumbuh selaras dengan makin terkenal pesona taman lautnya.

Namun, katanya, tanpa dukungan dari berbagai pihak UMKM yang akan menemui kendala terutama dalam proses penyediaan fasilitas yang memadai.

Dalam kegiatan tersebut telah diserahkan bantuan berupa kios dan kelengkapannya sebagai modal bagi UMKM untuk dapat terus meningkatkan omzet dengan nilai total Rp432,65 juta.

Noven Koropit mengatakan kehadiran program PLN Peduli ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan pembangunan berkelanjutan bagi UMKM.

“Program ini dilaksanakan dengan tujuan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Pulau Bunaken," ungkap Noven.

Namun di satu sisi, Noven berpesan agar bantuan yang diberikan ini untuk dapat dipelihara agar tetap terjaga dan dapat memberikan manfaat dalam waktu yang lama.

"Harapannya dengan berjalannya program ini sektor UMKM di Pulau Bunaken akan lebih meningkat dan mohon bantuan yang akan diberikan ini dapat dijaga sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Noven.

Apresiasi dan rasa bahagia pun diungkapkan masyarakat penerima bantuan yang hadir salah satunya Marce sebagai penerima bantuan PLN Peduli.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PLN atas bantuan yang diberikan bagi usaha kami, sukses selalu untuk PLN,” ujar Marce.

PLN terus bergerak mendorong sektor UMKM untuk terus berkembang, salah satunya dengan menyediakan fitur loka pasar di aplikasi PLN Mobile.

Fitur ini dapat menjadi media bagi seluruh UMKM binaan PLN untuk dapat menjangkau lebih banyak pembeli dengan konsep "one stop shopping".

Aplikasi PLN Mobile sendiri dapat diunduh secara gratis dari Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024