Minahasa Tenggara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sam Ratulangi menjalin kerja sama, yang ditanda tangani langsung Bupati James Sumendap, dengan Dekan FISIP Novie Pioh di Ratahan, Rabu.

"Kerja sama ini merupakan bagian dari implementasi Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat," kata Pioh.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, tujuan nantinya dari kerja sama ini yakni, pengimplementasian keilmuan yang di masyarakat maupun ke pemerintah daerah.

"Tujuan kami juga untuk mengimplementasikan, serta aplikasikan keilmuan itu ke tingkat masyarakat, maupun di pemerintahan," ujarnya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Bupati James Sumendap, yang selama memimpin Kabupaten Minahasa Tenggara mampu melahirkan berbagai terobosan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

"Berkembangnya suatu daerah tidak terlepas dari komitmen kepala daerahnya. Dan harus diakui Bupati James Sumendap banyak melahirkan berbagai terobosan, yang sudah diakui bukan hanya di tingkatkan lokal, tapi juga sudah sampai nasional," ujarnya.

Dia menambahkan, dengan adanya kerja sama tersebut, FISIP Unsrat siap untuk ikut serta dalam upaya Pemkab Minahasa Tenggara membangun daerah.

Sementara itu, Bupati James Sumendap mengaku optimis dengan adanya kerja sama tersebut, proses pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan di Minahasa Tenggara dapat berjalan dengan baik.

"Ini merupakan pengakuan dari pihak perguruan tinggi, sehingga datang, dan mau bekerja sama dengan Pemkab Minahasa Tenggara," ujarnya.

Sumendap mengungkapkan, ia bersama jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, dalam upaya peningkatan kesejahteraan rakyat.

"Kami terus berusaha menjadi yang terbaik, khusus dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih. Contohnya, dalam pencegahan korupsi berdasarkan penilaian KPK, kami dalam empat tahun terakhir selalu ada diposisi pertama di Sulut. Ini bukti kalau Minahasa Tenggara itu memang beda," jelasnya.

Ia pun menyambut baik dengan terealisasinya kerja sama antara Pemkab Minahasa Tenggara, dan FISIP Unsrat.

"Jadi tepat bagi FISIP Unsrat untuk mengimplementasikan tridharma perguruan tinggi di Kabupaten Minahasa Tenggara," tandasnya.

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024