Manado (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten  Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan meningkatkan kualitas guru penerima tunjangan profesi guru (TPG) di daerah itu.

"Untuk meningkatkan kualitas guru sertifikasi penerima Tunjangan Profesi Guru (TPG), kami memberikan pembinaan kepada 59 orang guru, sehubungan dengan tugas dan fungsi guru," kata Kepala Kantor Kemenag Minahasa Tenggara, Provinsi Sulut Hi Muh Thaib Mokobombang, di Ratahan, Senin.

Dia menegaskan, guru PAK-Budi Pekerti adalah pemimpin yang harus menjadi teladan, sebagaimana disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara yaitu "Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani".

“Pentingnya bagi guru PAK-BP untuk punya karakter yang baik dalam pembentukan karakter siswa & tentunya harus juga membiasakan budaya 3S sebagai hal yang positif, yaitu Senyum, Sapa, Salam," ujarnya menjelaskan.

Mokobombang mengingatkan kembali pesan dari Kakanwil, sekaligus tantangan untuk memfasilitasi dan mengoordinasikan adanya sekolah keagamaan yang bercirikan kristen, di bawah Kementerian Agama baik itu SDTK/ SMPTK/ SMTK/ SMAK di kabupaten Minahasa Tenggara.

Selanjutnya Guru PAK-BP dalam tugas dan dalam kehidupan sehari-hari hendaknya menjaga kerukunan, toleransi serta saling menghormati dalam bingkai moderasi beragama.

Seksi Pendidikan Kristen Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Tenggara menggelar pertemuan Guru PAK-Budi Pekerti, guru sertifikasi penerima Tunjangan Profesi Guru (TPG), sekaligus bersilahturahmi dengan Kepala Kantor Kemenag Mitra yang baru Hi Muh Thaib Mokobombang.

Hadir mendampingi Kepala Kantor, yakni Kepala Seksi Pendidikan Kristen Pdt. Wellem Pondaag. Kegiatan ini difasilitasi oleh Pengawas Pendidikan Agama Kristen Pdt Dr Meike Rondo, dan Pdt Elvie Sambul ini mengambil tempat di aula PLHUT Kemenag Mitra.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024